Dakon atau Congklak adalah sebuah permainan tradisional yang terkenal di Indonesia (seperti Jawa dan Sumatera). Umumnya permainan dakon ini dimainkan oleh anak-anak sebagai permainan sehari-hari. Permainan dakon sendiri dikenal sebagai permainan khas yang cara bermainnya menggunakan biji kecik (biji sawo). Sebuah papan Dakon memiliki 16 lubang diantaranya 14 lubang kecil dan 2 lubang lumbung/rumah.
Bermain dakon dilakukan dengan cara mengambil semua biji yang terdapat pada lubang kecil yang di inginkan untuk disebar satu biji per lubang berurutan ke arah lumbung / rumah masing-masing dan langkah tersebut dilakukan berulang.
Apabila pada lubang terakhir, lubang tersebut masih ada isinya (lubang tersebut tidak kosong) maka pemain tersebut harus melanjutkan permainan dengan cara mengambil semua biji yang terdapat pada lubang tersebut. Apabila peletakan biji terakhir berada pada lubang yang kosong maka pemain tidak dapat melanjutkan langkah , selanjutnya giliran permainan beralih ke lawan.
Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada lagi yang dapat diambil (seluruh biji berada ada di lubang besar / lumbung kedua pemain) dan pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak.
Pada game Dakon yang saya buat menggunakan algoritma Teori Otomata. Game ini terdapat menu Versus Komputer yang dijalankan dengan menggunakan AI.
Source code bisa di download disini(Dropbox), Game nya dapat di mainkan disini
tolong dijelaskan konsep automata disini itu gimana?
ReplyDeletekonsepnya seperti yang ada di wikipedia. loncat dari titik satu ke titik yang lain ketika statement terpenuhi
Deletebisa di jelaskan algoritma AI yang digunakan pada saat komputer memulai permainan?
ReplyDeleteAI nya cuma logika biasa gak muluk2, gak ada level easy, medium, hard. Tp kyknya easy banget AI nya =)
DeleteUntuk script AI nya ada di layer1 frame 3 mulai dari baris 34-59
if(cpu && cpujalan){
cpujalan=false;
nilai=9+random(7);
while (_root["lmbngisi"+nilai] == 0) {
if ((_root.lmbngisi9 == 0 && _root.lmbngisi10 == 0 && _root.lmbngisi11 == 0 && _root.lmbngisi12 == 0 && _root.lmbngisi13 == 0 && _root.lmbngisi14 == 0 && _root.lmbngisi15 == 0)) {
break;
}else{
nilai = 9+random(7);
}
trace(nilai);
}
posisi=nilai;
swap.text=swapisi=_root["lmbngisi"+nilai];
_root["lmbng"+nilai].isi.text=_root["lmbngisi"+nilai]=0;
_root["lmbng"+nilai].gotoAndPlay(2);
}
for(i=1;i<=7;i++){
_root["lmbng"+i].enabled=false;
}
for(i=9;i<=15;i++){
if(_root["lmbng"+i].isi.text==0){
_root["lmbng"+i].enabled=false;
}else{
_root["lmbng"+i].enabled=true;
}
}
pertama membuat random. apabila pas random itu lumbung yang di ambil isinya 0 maka ngerandom lagi samapai ketemu yang lumbungnua isinya tidak sama dengan 0. trus jalan kan permainannya.
makasih ya mas postingannya. ngebantu banget buat pembahasan bikin tugas :)
ReplyDeleteSama-sama, Barakallah
Deletemas bukanya file.flanya pake flash player berapa ya?
ReplyDeletesaya buka pake macromedia 8 gak bisa mas :D
Pakai Adobe Flash CS3
DeleteSaya saranin pakai Flash CS aja mas :)
ini aplikasinya kalau di migrasi ke Action script 3.0 bisa gak ya gan?
ReplyDeleteBisa aja. Cuman saya kurang pengalaman di AS3
Deleteane kan udah coba migrasi gan, nah hasilnya masih ada error:
DeleteFonts should be embedded for any text that may be edited at runtime, other than text with the "Use Device Fonts" setting. Use the Text > Font Embedding command to embed fonts.
Warning: No libraries were linked as Runtime Shared Libraries (RSLs) because of your publish settings: AIR 3.2 for Android
[SWF] proyek.swf - 1517985 bytes after decompression
TypeError: Error #1010: A term is undefined and has no properties.
at proyek_fla::MainTimeline/frame5()[proyek_fla.MainTimeline::frame5:19]
at flash.display::MovieClip/gotoAndStop()
at proyek_fla::MainTimeline/jalancpu()[proyek_fla.MainTimeline::frame3:29]
Test Movie terminated.
itu kira2 kenapa ya gan?
hehe. kurang tau aku mas gan. kyk nya sih itu font nya gak ada trus mas-nya publish sebagai aplikasi android sedangkan punya saya aplikasi flash desktop.
Deletemas mbok buat dakonnya yg as3,
Deletesaya udah mulai frustasi ngerjain game dakon ini
bingung nerapin logikanya ke action script 3.0
tak coba migrasi ternyata gak jalan, tombol2 lubangnya
:'(
hehe. maaf mas itu udah beberapa tahun lalu. jaman masih muda :v hehehe
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletegan mau nanyak..
ReplyDeletegame dakon di jalan di laptop saya pakai Flash cs 6
gak muncul kalimat peringatan seperti "Kembali ke menu?" kalimat ini gak muncul
hanya pilihan YA atau TIDAK saja yang muncul..
apa masalahnya ya gan???
mohon dibantu yaa
Maaf gan baru bales, mungkin font tipe-nya beda gan, jadi gak keluar, atau posisi-nya dia di bawahnya
Deletejadi bagaimana solusinya gan??
Deletedan kenapa dakon yang versi 2 kalau diklik "player vs com" yang kluar malah player vs player...
mohon bantuannya ya gan
hehehe, maaf gan mungkin sementara bisa menggunakan flash yang lama, :)
DeleteFlash 8
http://www.4shared.com/file/36178904/8d16860/portable_macromedia_flash_8_professional_en__english_.html?s=1
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletemaaf mas sebelumnya, mau tanya kalo proses pengisian lumbung nya secara manual logika nya gimana ya
ReplyDeleteterima kasih sebelumnya mas
itu saya pakai teori automata mas bisa cek disini http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_otomata
ReplyDeletetiap lumbung saya beri nomer, misal saya klik lumbung nomer 2 lanjut ke lumbung selanjutnya lumbung nomer 3 dan seterusnya sampai bijinya habis
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteiya mas kalo ngisi lumbung nya itu manual, untuk kita ngisi itu harus klik 1 1 per lumbung itu gimana ya mas logikanya,
ReplyDeletebutuh bantuan bener mas
terima kasih
mohon bantuan nya mas :) :')
Deletekalau klik satu per satu, tinggal hapus animasinya aja, kalau di klik yang aktif lumbung selanjutnya, yang lainnya mati(disable). Menurut saya kekurangannya kalau klik 1 per 1, user jadi lelah, permainan jadi cepet bosan.
Deletegan gimana sorcode dakonnya dari ruby ..
ReplyDeletecoba pakai duplicate movie clip
Deletehttp://warungflash.com/2009/03/duplicatemovieclip/
angkanya di ganti gambar ruby dan di diplicate ruby-nya sebanyak jumlah angka
for jumlah nilai pada lumbung
loop ruby.duplicateMovieClip("bundar", 1, {_x:10, _y:10});
semoga membantu
bagus game nya...
ReplyDeleteada software adobe cs3 nya ngk...??
tolong share donk... :D
Bisa minta tolong source codenya dinyalakan mas
ReplyDelete