Laman

Pengalaman Membuat Sticker LINE Messenger


       Sedikit cerita dari saya pengalaman membuat sticker untuk LINE Messenger, sticker Hangs Breaker yang saya buat http://line.me/S/sticker/1164299. Untuk daftar Creator Line Market bisa kunjungi alamat https://creator.line.me/en/. Kira-kira dimulai pertama kali tanggal 1 Juli 2015 ketika puasa Ramadhan 1436H, saya membuat sticker menggunakan aplikasi CorelDrawX4. Buatnya agak lama sih, cuma jarang-jarang aja gambarnya gak tiap hari jadi agak lama, sampai kira-kira tanggal 4 Juli 2015 Upload ke LINE Creator Market. Untuk creator di haruskan membuat 40 gambar Sticker tidak boleh kurang, karena kalau kurang tidak dapat di submit untuk di review oleh pihak LINE nya. Ada warningnya "No sticker images uploaded. Please upload some sticker images.".
       Setelah semua sticker saya upload, ternyata masih ada yang kurang, sticker masih belum bisa di submit walaupun sudah upload 40 gambar sticker. Ternyata ada satu warning lagi yang belum hilang, yaitu harus verifikasi "Bank Account Information" di menu "Account Setting". Di dalam menu Account Setting tersebut ternyata harus punya akun Bank PayPal Premier atau PayPal Business Accounts. Buat saya sendiri belum pengalaman menggunakan PayPal, sempat dulu sudah pernah buat dan gak terpakai, kemudian saya coba login masih bisa dan saya masukkan informasi PayPal-nya. Ketia sudah saya masukkan informasinya, saya simpan keluar peringatan akun PayPal belum terverifikasi, hahaha saya kebingungan, kemudian tanya teman saya dan akhirnya bisa terverifikasi.

        Cara verifikasi akun PayPal bisa menggunakan kartu kredit, masuk di PayPal ada link verifikasi, nanti di suruh mengisi informasi bank. Apabila tidak punya kartu kredit bisa menggunakan kartu kredit virtual (VCC), saya menggunakan https://www.entropay.com/ atas saran teman saya dan disarankan memiliki tabungan Mandiri yang terdapat Visa-nya, dan sudah di aktifkan Verified By Visa (VBV) oleh Customer Service. Setelah kartu kredit virtual dibuat maka akan muncul nomer kartu yang bisa Anda masukkan untuk mengisi detail di PayPal. Pembuatan kartu kredit virtual memakan biaya sekitar $3 yang akan di masukkan ke PayPal. Verifikasi akun PayPal memakan sekitar 4 hari jam kerja untuk mendapatkan nomer verifikasi.
       Tanggal 5 saya melakukan verifikasi akun PayPal, dan tanggal 8 Juli 2015 malam sudah dikirim kode verifikasi, kemudian tanggal 9 Juli 2015 saya lakukan verifikasi. Selang beberapa jam akhirnya bisa akun PayPal dapat digunakan untuk "Bank Account Information" LINE.
       Kemudian sticker dapat di submit dan langsung saja saya submit, selanjutnya status yang sebelumnya Editing menjadi In Review. Tanggal 10 Juli 2015 jam 12:00 siang sticker saya statusnya Rejected, semua sticker saya tidak memenuhi syarat 1.5. Stickers that significantly lack balance, such as all-pale colored stickers or rows of numbers pada halaman Review Guidelines dan Guidelines. Langsung saya edit dan malamnya tanggal 23.59 saya upload lagi untuk di review.
       Tanggal 15 Juli 2015 di Reject lagi, hahaha. Tidak memenuhi syarat 1.5. Stickers that significantly lack balance, such as all-pale colored stickers or rows of numbers lagi, kali ini cuma 2(dua) sticker yang di reject. Tanggal 16 Juli 2015 jam 06:00 saya request submit lagi untuk di review.
       Tanggal 17 Juni 2015 jam 19:23 Alhamdulillah pas hari raya Idul Fitri akhirnya sticker saya statusnya Approved. Langsung saja saya Apply untuk dimasukkan ke LINE market Creator. =)
Berikut sticker yang saya buat http://line.me/S/sticker/1164299 


8 comments:

  1. yang direject itu contohnya gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya di reject ada gambar yang mirip katanya, dan gambar tidak sesuai. Detail sticker yang boleh masuk bisa lihat di https://creator.line.me/en/review_guideline/

      Delete
    2. Gimana ngecek nya mas alasan stiker di reject

      Delete
  2. kak, itu di entropay terpecaya gak ya? harus buat akun disitu dulu ya?

    ReplyDelete
  3. Share pengalaman submit line sticker ya, gaes.
    Buat temen2 yang akan atau sedang submit sticker, silakan dibaca baik2 guideline dari line supaya proses submitnya berjalan lancar.
    Semua udah jelas tertulis di guideline apa yang boleh dan ga boleh.
    Setelah semuanya dipahamin betul2, silakan temen2 submit.
    Pengalaman gue submit sticker lumayan lancar, kira2 memakan waktu sekitar 2 minggu sampai akhirnya bisa release sticker di Line Store.

    Ini sticker hasil buatan gue, silakan didownload dan dishare kalo suka. Mari ramaikan :)))


    http://line.me/S/sticker/1307351

    ReplyDelete
  4. Gan mau tanya, kalo misalkan sticker di reject karna problem seperti berikut di bawah ini kira kira solusi nya bagaimana ya ?
    ——————————————————————————————–
    Fields: All stickers

    1.3. Images that are anything other than illustrations, such as photographs
    5.4. Stickers that make use of material without proven permission from the copyright owner

    Stickers that ostensibly incorporate photographic images, edited or otherwise, into their design are in violation of the above guidelines.

    Additionally, please provide documentation that confirms that you have permission from the model to use these illustrations. You can provide any type of information
    as long as we can confirm that you have permission to use this content.
    ——————————————————————————————–

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  5. Mas saya mau nanya dong itu kan klo di statistics ada sent sama received, itu masing" menjelaskan apa ya mas? Terimkasih
    Sekalian mohon ijin untuk nupang share sticker saya ya mas hehe
    LINE Store : http://line.me/S/sticker/1387119
    Cocok buat anak kuliahan yg mau meramaikan chat" ke temennya :)

    ReplyDelete
  6. mas tolong wa ke no saya 085649196783, sumpah kebingungan saya ini hehehe, blank fikiran gabisa verivikasi paypal

    ReplyDelete

Silahkan