Laman

Game dakon atau congklak dengan flash

      Pernahkan pada masa kecil Anda bermain dakon? jika belum pernah mungkin Anda lahir di jaman yang sudah modern. Di Wikipedia Congklak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan dan batu-batu kecil.




      Dakon atau Congklak adalah sebuah permainan tradisional yang terkenal di Indonesia (seperti Jawa dan Sumatera). Umumnya permainan dakon ini dimainkan oleh anak-anak sebagai permainan sehari-hari. Permainan dakon sendiri dikenal sebagai permainan khas yang cara bermainnya menggunakan biji kecik (biji sawo). Sebuah papan Dakon memiliki 16 lubang diantaranya 14 lubang kecil dan 2 lubang lumbung/rumah.
      Bermain dakon dilakukan dengan cara mengambil semua biji yang terdapat pada lubang kecil yang di inginkan untuk disebar satu biji per lubang berurutan ke arah lumbung / rumah masing-masing dan langkah tersebut dilakukan berulang.
       Apabila pada lubang terakhir, lubang tersebut masih ada isinya (lubang tersebut tidak kosong) maka pemain tersebut harus melanjutkan permainan dengan cara mengambil semua biji yang terdapat pada lubang tersebut. Apabila peletakan biji terakhir berada pada lubang yang kosong maka pemain tidak dapat melanjutkan langkah , selanjutnya giliran permainan beralih ke lawan.
       Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada lagi yang dapat diambil (seluruh biji berada ada di lubang besar / lumbung kedua pemain) dan pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak.

       Pada game Dakon yang saya buat menggunakan algoritma Teori Otomata. Game ini terdapat menu Versus Komputer yang dijalankan dengan menggunakan AI.

Source code bisa di download disini(Dropbox), Game nya dapat di mainkan disini

30 comments:

  1. tolong dijelaskan konsep automata disini itu gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. konsepnya seperti yang ada di wikipedia. loncat dari titik satu ke titik yang lain ketika statement terpenuhi

      Delete
  2. bisa di jelaskan algoritma AI yang digunakan pada saat komputer memulai permainan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. AI nya cuma logika biasa gak muluk2, gak ada level easy, medium, hard. Tp kyknya easy banget AI nya =)
      Untuk script AI nya ada di layer1 frame 3 mulai dari baris 34-59

      if(cpu && cpujalan){
      cpujalan=false;
      nilai=9+random(7);
      while (_root["lmbngisi"+nilai] == 0) {
      if ((_root.lmbngisi9 == 0 && _root.lmbngisi10 == 0 && _root.lmbngisi11 == 0 && _root.lmbngisi12 == 0 && _root.lmbngisi13 == 0 && _root.lmbngisi14 == 0 && _root.lmbngisi15 == 0)) {
      break;
      }else{
      nilai = 9+random(7);
      }
      trace(nilai);
      }
      posisi=nilai;
      swap.text=swapisi=_root["lmbngisi"+nilai];
      _root["lmbng"+nilai].isi.text=_root["lmbngisi"+nilai]=0;
      _root["lmbng"+nilai].gotoAndPlay(2);
      }
      for(i=1;i<=7;i++){
      _root["lmbng"+i].enabled=false;
      }
      for(i=9;i<=15;i++){
      if(_root["lmbng"+i].isi.text==0){
      _root["lmbng"+i].enabled=false;
      }else{
      _root["lmbng"+i].enabled=true;
      }
      }

      pertama membuat random. apabila pas random itu lumbung yang di ambil isinya 0 maka ngerandom lagi samapai ketemu yang lumbungnua isinya tidak sama dengan 0. trus jalan kan permainannya.

      Delete
  3. makasih ya mas postingannya. ngebantu banget buat pembahasan bikin tugas :)

    ReplyDelete
  4. mas bukanya file.flanya pake flash player berapa ya?
    saya buka pake macromedia 8 gak bisa mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Adobe Flash CS3
      Saya saranin pakai Flash CS aja mas :)

      Delete
  5. ini aplikasinya kalau di migrasi ke Action script 3.0 bisa gak ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja. Cuman saya kurang pengalaman di AS3

      Delete
    2. ane kan udah coba migrasi gan, nah hasilnya masih ada error:

      Fonts should be embedded for any text that may be edited at runtime, other than text with the "Use Device Fonts" setting. Use the Text > Font Embedding command to embed fonts.
      Warning: No libraries were linked as Runtime Shared Libraries (RSLs) because of your publish settings: AIR 3.2 for Android
      [SWF] proyek.swf - 1517985 bytes after decompression
      TypeError: Error #1010: A term is undefined and has no properties.
      at proyek_fla::MainTimeline/frame5()[proyek_fla.MainTimeline::frame5:19]
      at flash.display::MovieClip/gotoAndStop()
      at proyek_fla::MainTimeline/jalancpu()[proyek_fla.MainTimeline::frame3:29]
      Test Movie terminated.

      itu kira2 kenapa ya gan?

      Delete
    3. hehe. kurang tau aku mas gan. kyk nya sih itu font nya gak ada trus mas-nya publish sebagai aplikasi android sedangkan punya saya aplikasi flash desktop.

      Delete
    4. mas mbok buat dakonnya yg as3,
      saya udah mulai frustasi ngerjain game dakon ini
      bingung nerapin logikanya ke action script 3.0
      tak coba migrasi ternyata gak jalan, tombol2 lubangnya
      :'(

      Delete
    5. hehe. maaf mas itu udah beberapa tahun lalu. jaman masih muda :v hehehe

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. gan mau nanyak..
    game dakon di jalan di laptop saya pakai Flash cs 6
    gak muncul kalimat peringatan seperti "Kembali ke menu?" kalimat ini gak muncul
    hanya pilihan YA atau TIDAK saja yang muncul..
    apa masalahnya ya gan???
    mohon dibantu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan baru bales, mungkin font tipe-nya beda gan, jadi gak keluar, atau posisi-nya dia di bawahnya

      Delete
    2. jadi bagaimana solusinya gan??
      dan kenapa dakon yang versi 2 kalau diklik "player vs com" yang kluar malah player vs player...
      mohon bantuannya ya gan

      Delete
    3. hehehe, maaf gan mungkin sementara bisa menggunakan flash yang lama, :)

      Flash 8
      http://www.4shared.com/file/36178904/8d16860/portable_macromedia_flash_8_professional_en__english_.html?s=1

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. maaf mas sebelumnya, mau tanya kalo proses pengisian lumbung nya secara manual logika nya gimana ya
    terima kasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  10. itu saya pakai teori automata mas bisa cek disini http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_otomata
    tiap lumbung saya beri nomer, misal saya klik lumbung nomer 2 lanjut ke lumbung selanjutnya lumbung nomer 3 dan seterusnya sampai bijinya habis

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. iya mas kalo ngisi lumbung nya itu manual, untuk kita ngisi itu harus klik 1 1 per lumbung itu gimana ya mas logikanya,
    butuh bantuan bener mas
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau klik satu per satu, tinggal hapus animasinya aja, kalau di klik yang aktif lumbung selanjutnya, yang lainnya mati(disable). Menurut saya kekurangannya kalau klik 1 per 1, user jadi lelah, permainan jadi cepet bosan.

      Delete
  13. gan gimana sorcode dakonnya dari ruby ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai duplicate movie clip
      http://warungflash.com/2009/03/duplicatemovieclip/
      angkanya di ganti gambar ruby dan di diplicate ruby-nya sebanyak jumlah angka

      for jumlah nilai pada lumbung
      loop ruby.duplicateMovieClip("bundar", 1, {_x:10, _y:10});

      semoga membantu

      Delete
  14. bagus game nya...
    ada software adobe cs3 nya ngk...??
    tolong share donk... :D

    ReplyDelete
  15. Bisa minta tolong source codenya dinyalakan mas

    ReplyDelete

Silahkan