Laman

Memahami Registry Editor

HKEY_CLASSSES_ROOT
Berisikan berbagai hal yang dibutuhkan oleh program aplikasi supaya dapat berjalan.Diantaranya,adalah jenis file(ekstensi file),asosiasi file tersebut dengan yang lainnya,nama driver,ikon,informasi DDE dan OLE,nomor class ID,serta string yang digunakan sebagai pointer ke teks asli.Apa yang terdapat pada key ini juga terdapat pada key HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\classes.

HKEY_CURRENT_USER
Berisikan berbagai informasi mengenai user yang sedang menggunakan computer alias Log In saja.Informasi yang tersimpan diantaranya,folder user,warna screen,dan Control Panel.Boleh dibilang key ini yang menyimpan pengaturan individu dari setiap user.Key ini akan merujuk pada HKEY_USER untuk mendapatkan pemakai yang sedang aktif.

HKEY_LOCAL_MACHINE
Berisikan berbagai simpanan setting supaya software,hardware,dan Windows dapat bekerja.Masalah keamanan,user right,serta data sharing juga tersimpan pada key ini.Informasi konfigurasi tersebut berlaku untuk semua user.

HKEY_USER

Berisikan berbagai informasi setting yang sudah diatur oleh default user(berisi root seluruh user) juga user yang Log In.Termasuk menginformasikan ikon,Start Menu,warna,font,desktop,dan pengaturan Control Panel.HKEY_USER menyimpan mengenai informasi seluruh user.Jadi berbeda dengan HKEY_CURRENT_USER yang khusus untuk user yang aktif saja.

HKEY_CURRENT_CONFIG

Berisikan berbagai konfigurasi hardware yang terdapat pada HKEY_LOCAL_MACHINE\config.

HKEY_DYN_DATA

Key ini sebenarnya hanay terdapat pada Windows 9x dan tidak tersedia pada Windows XP.Sebagai pengenalan saja,key ini tidak tersimpan dalam harddisk,melainkan ,tersimpan dalam RAM yang digunakan untuk mengontrol hardware.Terutama untuk menangani plug and play.

Setelah mengenal key pada registry,sekarang waktunya untuk mengenal Value yang ada pada registry.

String Value (REG_SZ)
Merupakan jenis data fixed-length text sharing.Data Value jenis ini akan menyimpan data dalam bentuk teks.

Binary value(REG_BINARY)
Merupakan data jenis Binary.Berbagai informasi hardware akan tersimpan dalam bentuk data Binary dana ditampilkan dalam format Hexadecimal oleh Regedit.

DWORD Value(REG_DWORD)
Jenis data ini dapat menyimpan jenis data beruapa angka maupun dalam bentuk integer atau Hexadecimal.Data diwakili dengan angka sebesar 4 bytes.

Multi-String Value(REG_MULTI_SZ)
Merupakan jenis data Multiple String.Data jenis ini berisikan beberapa data yang dapat dibaca langsung.Value jenis ini hanya terdapat pada Windows XP,dan tidak ada pada Windows 9x.

No comments:

Post a Comment

Silahkan